Langsung ke konten utama

November Random

November telah tiba. Bulan di mana saat-saat hujan akan hadir setiap harinya. November Rain disebutnya. Namun memang benar-benar setiap hari hujan turun, setidaknya mulai siang hari sampai sore. Jemuran mulai susah kering hanya sekali jemur. Pasti perlu 2 atau 3 hari untuk bisa benar-benar kering. Produk pewangi pakaian pun menjadi laris di negri tropis seperti Indonesia ini. Yah… untuk perihal jemuran di musim hujan, produk pewangi dan pelembut pakaian menjadi pahlawan bagi ibu rumah tangga seperti saya. 

Bulan November juga bulan peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November. Namun Tantangan Ngeblog Mamah Gajah Ngeblog kali ini memang random. Bukan hanya tentang topik pahlawan, tapi juga tentang hal ihwal di luar nalar dan review buku. 

Berhari-hari sejak tantangan diluncurkan, saya belum menemukan ide yang tepat untuk menuliskan topik random begitu. Jadi ini bukan akan menjadi November Rain, tapi November Random. 🤔

Kalau mengenai buku dan hal ihwal di luar nalar, saya akan acungi jempol pada penulis-penulis fiksi seperti J.K Rowling. Cerita fiksi yang tenar adalah Harry Potter yang ditulis berjilid-jilid dan setiap jilidnya pun tebal sekali halamannya. Di setiap ceritanya selalu saja ada keajaiban yang nalar untuk terjadi di dunia magic, tapi menjadi di luar nalar untuk terjadi di dunia nyata. 

Bagi kita yang tidak pernah mengkhayal kejadian-kejadian aneh untuk terjadi, sapu terbang dan segala mantra yang diucap bersama mengayunnya tongkat magic adalah sesuatu yang tak mungkin. Ada juga cermin yang bisa menggambarkan bayangan pikiran. Hal ajaib lainnya adalah tanaman Mandrake yang merupakan jenis tanaman unik. Tanaman ini muncul dalam cerita Harry Potter and The Chamber of Secrets. 
Gambar dari https://www.suryamedia.id/2022/04/14/tumbuhan-di-film-harry-potter-ini-ternyata-ada-di-kenyataan/

Bagaimana  tidak dikatakan ajaib jika tanaman mempunyai mata, mulut dan bisa berteriak yang memekakkan telinga? Ya, memang tanaman adalah makhluk hidup, tapi menjadi aneh jika digambarkan sebagai tanaman yang mempunyai mata dan mulut. Kok malah ngeri membayangkannya jika itu benar-benar terjadi. Kemampuannya berteriak hingga memekakkan telinga ketika dicabut dari tanah itupun suatu hal yang di luar nalar. Bagaimana bisa tanaman bersuara? 

Namun keraguan saya sedikit terjawab dengan adanya Plant Wave yang saya lihat di instagram. Plant Wave menunjukkan bahwa setiap tanaman mempunyai gelombang nada sendiri-sendiri. Ya, nada. Sama-sama gelombang suara, tetapi Plant Wave membuktikan bahwa suara di setiap tanaman itu bagaikan musik, bukan seperti teriakan tanaman Mandrake. Di sebuah postingan terbaru, ia menunjukkan bahwa tanaman yang kering atau mati tidak mengeluarkan nada. 

Dari kenyataan itu, saya pun berpikir bahwa sebenarnya tidak ada yang terjadi di luar nalar. Yang ada adalah kita tidak punya pengetahuan tentang hal itu. Seperti halnya obat sakit kepala bodrex yang digunakan untuk mengaktifkan kembali accu yang mati. Saya tuliskan ini bukan berarti iklan, ya. Akan tetapi ini benar-benar terjadi saya alami. Hal ini saya ketahui ketika teman-teman dalam komunitas ERCI (Ertiga Club Indonesia) yang saling berbagi pengalaman dalam perawatan otomotif. 

Saya ini gak ngerti mesin. Saya pakai mobil, ya  sebatas sebagai  pengguna. Jadi, masuk club mobil adalah untuk tempat bertanya terkait mobil yang saya gunakan. Suatu hari ada kawan yang bertanya tentang accu yang mati dan dijawab dengan penambahan bodrex ke dalam accu untuk mengaktifkan kembali. Nyatanya memang bisa aktif kembali meski umur pemakaiannya tidak lama.

Sebagai lulusan kimia, saya sangat tergelitik untuk mengetahui hal tersebut. Bagaimana bisa? Bodrex itu kandungannya paracetamol. Sementara air accu adalah asam sulfat pekat. Apa yang bisa dilakukan paracetamol sehingga ion-ion asam sulfat bisa bekerja kembali mengantarkan listrik? 

Rasa penasaran membawa saya untuk bertanya pada teman-teman sejurusan dalam grup Whatsapp. Tak ada yang bisa menjawab. Salah satu kawan yang menjadi dosen kimia fisika dan anorganik di kampus pun menjawab demikian. 
“Di Indonesia ini memang banyak yang absurd seperti itu”

Yah, itu memang bukan jawaban. Namun dugaan sementara adalah paracetamol bertindak sebagai katalis untuk mengaktifkan ion asam sulfat. Dengan kata lain, keajaiban atau keabsurdan atau hal di luar nalar itu sebenarnya tidak ada. Hanya kita belum tahu jawabannya saja. Bisa dikatakan dengan berseloroh bahwa accu sedang pusing sehingga memerlukan bodrex untuk bisa aktif lagi. Hahaha…

Kembali ke cerita fiksi tadi. Berarti, saya pun belum tahu bagaimana bisa membuat cerita fiksi yang menarik.  Namun, bagaimanapun saya kagum dengan daya khayal penulis fiksi, terlebih bisa diangkat ke layar lebar. Kemampuan untuk berkhayal itu, tentunya,  sebuah anugerah besar bagi seorang penulis fiksi. Tidak semua orang mempunyai kemampuan berkhayal tapi masih tetap membumi. 

Kalau saya punya kemampuan berkhayal seperti itu, cerita apa ya yang bisa saya tulis ? 





Komentar

  1. Benar sekali ini teh Sari, karena manusia memang sangat terbatas pengetahuanya, sedangkan Allah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Teliti. Kadang hal kecil saja jika bukan bidang kita ya ... gak tahu juga ha3 ...: Dulu kan ada cerita Aladin bisa buka pintu gua tanpa menyentuhnya. Sekarang kita sudah bisa juga buka pintu tanpa menyentuh karena ada sensor apalah itu ...

    BalasHapus
  2. Di salah satu buku Tere Liye serial Bumi-Bulan-Bintang-Matahari (yang tadinya tetralogi tapi lalu berkembang jadi entah berapa logi), ada juga bab tentang tanaman atau pohon-pohon yang bersuara,saling berkisah di antara mereka. Inspirasinya mungkin ya dari bahasan bahwa setiap tanaman mempunyai nada. Menarik, itu.
    Menarik juga fenomena bodrex yang bisa 'menyembuhkan' pusingnya accu mobil. Ahahaa... baru tahu banget lah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya memang kita sering terheran-heran ya, tapi begitulah, alam ini masih menyimpan banyak misteri.

      Hapus
  3. saya juga selalu kagum dengan penulis fiksi dengan imajinasi yang bisa bikin pembaca dibawa ke dunia yang baru. sama nih kita Teh, saya juga nggak bisaan nulis fiksi hehehe.

    Aku baru tahu tuh khasiat bodrex untuk mesin mobil, tapi aku juga setuju nih pasti ada penjelasan proses kimia apa yang terjadi makanya bisa begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sudah mampir ya. Mungkin perlu belajar nulis fiksi nih kita hehehehe

      Hapus
  4. "Dengan kata lain, keajaiban atau keabsurdan atau hal di luar nalar itu sebenarnya tidak ada. Hanya kita belum tahu jawabannya saja."
    Saya setuju sekali dengan statement Mba Sari. Betul sekali, Mba. Ini sudah terjadi berkali-kali dari era nenek moyang kita dahulu. Jadi, sit back, relax, and mensyukuriNya akan pesona keabsurdan sekitar :)

    ***
    Mba Sari suka Harry Potter ya ternyata. JK Rowling memang imajinasinya di atas rata-rata orang-orang kebanyakan ya Mba, jenius. :)

    BalasHapus
  5. Makasih sudah mampir Uril. Itu filmnya gak pernah bosan untuk ditonton. Apalgi pemeran Harry Potternya waktu kecil imut banget. hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cheese is The King, Chocolate is The Queen

Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog pada bulan Mei 2023 ini bertema tentang makanan favorit. Aku gak tahu harus mulai dari mana untuk berkisah tentang makanan favorit ku. Sejenak terbayang semua yang enak-enak yang pernah ku makan. Mulai dari jenis kue, biskuit, cake, roti, coklat, pasta, makanan dengan bahan baku daging sapi, daging ayam, ikan, dan makanan dengan bahan baku sayur-sayuran. Baiklah kita bahas satu per satu. 😊 Bakery dan Pastry Untuk jenis kue, ah kebetulan baru saja kita lebaran ya, kue kaasstengels menduduki urutan pertama. Sagu keju, nastar, dan kue kacang itu pun masuk dalam deretan favorit kue lebaran. Hmm, semua itu akan membuat berat badan kembali berat setelah berpuasa sebulan penuh.  Untuk jenis biskuit, aku tak bisa menolak tawaran biskuit coklat. Dulu, ketika SMP, aku selalu membeli biskuit dengan krim coklat di warung. Aku belajar dan mengerjakan PR sampai malam pun bisa betah di dalam kamar terus. Sampai ibuku heran dan baru paham kenapa aku

Mengenang Masa Kecil

Terkenang masa-masa kecilku Senangnya, aku s'lalu dimanja Apa yang kuminta selalu saja ada Dari mama, dari papa Cium pipiku dulu Saatku tiba berulang tahun Tak lupa hadiahku sepeda Ku pakai setelah selesai ku belajar Janji mama, janji papa Setelah kunaik kelas Ingin ku kembali Ke masa yang lalu Bahagianya dulu Waktu kecilku Ku dengar cerita Mama papa bilang Aku lincah lucu Waktu kecilku Aku suka bernyanyi. Lirik lagu Masa Kecilku itu memang membawa kita ke masa penuh kenangan. Masa kecil memang indah untuk dikenang. Yah, bagaimana tidak? PR dari sekolah tidak banyak. PR yang kusuka adalah PR menggambar. Satu-satunya buku bacaan anak adalah Bobo. Masih bebas main dengan teman sejak pulang sekolah sampai menjelang magrib. Mau main sendiri dengan boneka-boneka, main bola bekel, congklak pun asyik aja rasanya. Aku makin betah di rumah ketika bu De (kakak kandung ayahku) mengajariku membuat bunga dari kertas krep. Hal yang kuingat ketika menjelang sore adalah tukang bakso ya

Pengalaman yang Membawa Hikmah

Perjalanan hidup setiap orang tentunya tidak sama. Namun yang pasti, setiap orang akan ada ujiannya masing-masing yang akan membawa takdir hidupnya masing-masing. Ujian hidup itu merupakan tantangan untuk ditaklukkan dan pastinya memberi pengalaman batin dan menjadi moment pendewasaan. Seperti halnya tema ngeblog yang ditetapkan MGN untuk Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog untuk bulan September 2023 ini yang bertemakan Pengalaman Menghadapi Tantangan Hidup Terbesar. Tantangan ngeblog kali ini benar-benar tantangan bagiku. Sungguh sulit untuk memulainya. Beberapa kali telah siap menghadap layar iPad dan jemari sudah siap mengetikkan kata-kata, tapi bingung mau mulai dari mana. Dari serangkaian peristiwa yang kualami, sejenak sulit untuk memilih mana yang merupakan Tantangan Hidup Terbesar sesuai tema yang ditetapkan. Berulang kali juga merasakan sesak di dada ketika mengingat kembali masa-masa sulit itu. Namun akhirnya aku menyimpulkan satu hal yang menjadi