Langsung ke konten utama

Kuliah Lagi dan Hobi


Tak terasa, tahu-tahu sudah memasuki bulan Juli 2022. Mamah Gajah Ngeblog pun telah mengeluarkan tema untuk tantangan menulis blog untuk bulan Juli ini. Tema Tantangan Mamah Gajah Ngeblog Bulan Juli 2022 adalah hal-hal yang ingin dipelajari.  Ya, namanya juga sebuah keinginan, ini tentunya akan sangat panjang untuk dituliskan. Saya pun bingung harus mulai dari mana.  

Merasa Tak Layak menjadi Sarjana Kimia
Tak dipungkiri bahwa Tuhan telah menciptakan alam semesta ini dengan segala keunikan dan keajaibannya yang luar biasa. Rasanya kok sombong sekali kalau baru tahu sedikit ilmu lalu merasa pandai. Hal ini mulai saya rasakan ketika lulus sarjana.  Ternyata saya tidak tahu apa-apa.

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya bahwa saya lulusan ITB jurusan Kimia. Untuk menyelesaikan tahap sarjana, mahasiswa dipersilakan memilih sub jurusan yang diminati. Di jurusan Kimia, sub jurusan ada 5, yaitu Kimia Analitik, Kimia Fisik, Kimia Organik, Kimia Anorganik, dan Biokimia. Setidaknya itu yang saya tahu, entah kalau ada pengembangan sub jurusan lagi. Dulu, saya memilih Biokimia karena ada materi Bioteknologi yang sedang tren saat itu. Dari dunia Bioteknologi itu, ternyata saya ambil bagian kecilnya saja sebagai bahan penelitian saya.  Jadi, sebagai lulusan jurusan Kimia, rasanya saya hanya tahu sedikit sekali tentang bidang Kimia.  Saya masih ingin mempelajari Kimia organik karena sub jurusan ini  membahas tentang Kimia Bahan Alam yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan,  parfum, dan juga untuk bahan makanan dan minuman. Bagi saya, hal itu menarik karena pastinya punya nilai ekonomi yang bagus. Saya juga masih ingin mempelajari lebih dalam tentang Kimia Anorganik yang membahas mengenai kristal dan batuan alam. Namun ternyata, itu dibahas di jurusan Geologi.

Singkat kata, saya masih ingin mempelajari Kimia lebih dalam lagi. Oleh karena itu, jika ada kesempatan, saya masih suka membaca hal-hal yang ada kaitannya dengan kimia meski seringkali sudah tidak nyambung lagi sih. Hal itu karena laju perkembangan ilmu pengetahuan begitu cepat, sementara saya terjeda waktu yang cukup lama tidak bersentuhan dengan pelajaran-pelajaran kimia. Bahkan ketika anak-anak memasuki masa SMA dan kebingungan dengan soal-soal kimia, saya sudah sangat lamban untuk mencerna. Akhirnya, anak-anak harus berjuang sendiri untuk memahami Kimia tanpa saya. 
Maafkan Mama, Nak!

Asyiknya sebagai Ibu Rumah Tangga
Sebagai ibu rumah tangga , saya sangat mengandalkan buku-buku resep untuk bisa menghidangkan menu yang bervariasi. Suatu hari, saya menemukan majalah kuliner yang memuat tentang roti.  Dalam majalah itu dibahas tentang berapa kecepatan mixer dan berapa lama pengocokan adonan agar mendapatkan rongga roti yang sempurna. Bahkan suhu oven yang digunakan pun turut mempengaruhi. 

Saya membacanya seperti sedang berdiri di laboratorium. Seperti deja vu saja rasanya. Saya terpana dengan apa yang saya baca. Ilmu apa ini? Kimia Bahan Pangan? Teknologi Pangan? 
Wow! Menarik sekali! 
Sungguh, saya sangat penasaran.

Jika ada kesempatan untuk mempelajarinya, pasti akan sangat menyenangkan. Dengan pengetahuan seperti itu, membuat roti adalah kegiatan yang tidak lagi perlu khawatir gagal. Bahkan mungkin bisa jadi akan membuat Bakery sendiri. Hmmm, sedap! 

Waduh, tapi bahaya juga ini. Bisa gagal diet terus dong. 

Ah, iya. Diet itu benar-benar menjadi sebuah kata yang sering berdengung di telinga.  Besar niatnya tapi pelaksanaannya sering gagal. Kalaupun berhasil dijalankan, hasilnya yang sering bikin gemes sendiri. Jarum timbangan tidak juga bergerak ke kiri. Sementara olah raga pun berakhir dengan penumbuhan masa otot, dan ini yang membuat jarum timbangan tak bergeming. Hal ini semua mengingatkan saya dengan kegiatan menari yang sejak TK hingga SMA saya geluti. Kegiatan menari bukan hanya sekedar berkesenian, tetapi juga olah raga dengan irama mengayun menyenangkan. Menari pun bisa dijadikan cara untuk kelenturan dan pembentukan tubuh. Untuk itu, saya ingin belajar menari lagi meski tidak untuk dipentaskan. Tujuan belajar menari kali ini lebih untuk kesehatan jiwa raga. Sampai saat ini, saya masih mencari sanggar tari yang tepat. 

Menulis
Sejak pandemi, kegiatan menulis menjadi intens. Berbagai kelas menulis pun sempat saya ikuti. Kelasnya Dee Lestari, Helvi Tiana Rosa, Asmanadia dengan KBMnya, dan juga bersama mbak Deka Amalia. Berbagai jenis penulisan saya pelajari termasuk kelas menulis artikel dan blog. Meski begitu, rasanya masih saja ada yang kurang. Untuk menulis di blog, sesungguhnya saya masih harus terus belajar. Terutama bagaimana menghasilkan tulisan yang menarik. 

Mamah-mamah Gajah ini luar biasa hebat. Meski menyetor tulisan mendekati waktu deadline, tapi selalu masuk ke dalam kategori tulisan yang baik, terfavorit dan kategori apa saja yang Mamah Juri tetapkan. 

Pertanyaannya, kok bisa?

Nampaknya perlu diteliti sehingga kita bisa tahu rahasianya. Atau mungkin perlu juga para Mamah yang masuk ke dalam kategori  juara itu berbagi dalam sebuah pertemuan khusus. Tentunya akan senang sekali bisa belajar dari para master.  Semoga ada kesempatannya. Apalagi dari Mamah yang suka mengikuti kompetisi blog. Wah, benar-benar perlu belajar tentang segala hal tentang blog, ini. 

                  *****

Di akhir bulan Agustus 2022, selain mendapat peringkat penyetor tulisan tercepat, tulisan ini mendapat penilaian yang tidak saya sangka-sangka.
 Ya, Surprise Reward. Terima kasih atas apresiasi ini. 



Komentar

  1. Saya sendiri... belajar dengan mengalir begitu saja. Selama ini sih begitu ya. Belajar menulis & ngeblog terutama, ya hasil baca dan sedikit menganalisa tulisan-tulisan yang pernah saya baca aja. Duh, tertampar banget rasanya kalau saya songong bilang 'bisa' bikin tulisan yang (rasanya) bagus (padahal enggak). Sedangkan ilmu juga masih teramat cetek. Berkaca dari blog post-nya Teh Rochma, saya juga memang HARUS banyak belajar lagi. Terima kasih inspirasi & insight-nya, Teh Rochma.

    BalasHapus
  2. Baru tahu loh Mbak sub jurusan ilmu kimia itu ternyata menarik-menarik. Mungkin kalau dipelajari lebih lanjut bisa jadi background informasi saat menulis cerita-cerita fiksi. Seperti novel Sang Alkemisnya Paulo Coelho.

    BalasHapus
  3. Hiyyaa... belajar serba sedikit tentang roti saja sudah perlu ilmu lebih ya, Teh (pantesan saya gagal melulu bikin roti, karena banyakan pakai feeling atau modal 'ya sudahlah' aja. Hahaa...). Semua-mua memang ada ilmunya sih ya, tinggal kitanya (sayanya), mau belajar dan pakai ilmunya atau nggak. Wah, ini mah nampol diri sendiri, yang kadang tahu (sedikit) ilmunya tapi nggak dipakai.

    BalasHapus
  4. Mba Sariii, tetap bisa kok Mba, berdiet meskipun setiap hari baking, bahkan insha Allah suatu saat punya bakery sendiri. Sekarang sudah banyak bahan-bahan yang tidak menimbulkan penambahan lemak secara signifikan di tubuh, ehehe, tentunya selain porsinya yang juga secukupnya.
    Dibikin less salt, pakai wholegrain flour daripada tepung putih biasa, pake mentega yang unsaturated fat, ditambah sayuran (yang common, wortel), etc etc.
    ***

    Wah Mba Sari, semoga segera menemukan sanggar tari yang sesuai harapan ya Mba. Untuk sementara, Mba bisa meniru di Youtube, ada cukup banyak, Mba. :)
    ***

    Semoga makin sukses dalam berkarya ya Mba Sari :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cheese is The King, Chocolate is The Queen

Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog pada bulan Mei 2023 ini bertema tentang makanan favorit. Aku gak tahu harus mulai dari mana untuk berkisah tentang makanan favorit ku. Sejenak terbayang semua yang enak-enak yang pernah ku makan. Mulai dari jenis kue, biskuit, cake, roti, coklat, pasta, makanan dengan bahan baku daging sapi, daging ayam, ikan, dan makanan dengan bahan baku sayur-sayuran. Baiklah kita bahas satu per satu. 😊 Bakery dan Pastry Untuk jenis kue, ah kebetulan baru saja kita lebaran ya, kue kaasstengels menduduki urutan pertama. Sagu keju, nastar, dan kue kacang itu pun masuk dalam deretan favorit kue lebaran. Hmm, semua itu akan membuat berat badan kembali berat setelah berpuasa sebulan penuh.  Untuk jenis biskuit, aku tak bisa menolak tawaran biskuit coklat. Dulu, ketika SMP, aku selalu membeli biskuit dengan krim coklat di warung. Aku belajar dan mengerjakan PR sampai malam pun bisa betah di dalam kamar terus. Sampai ibuku heran dan baru paham kenapa aku

Mengenang Masa Kecil

Terkenang masa-masa kecilku Senangnya, aku s'lalu dimanja Apa yang kuminta selalu saja ada Dari mama, dari papa Cium pipiku dulu Saatku tiba berulang tahun Tak lupa hadiahku sepeda Ku pakai setelah selesai ku belajar Janji mama, janji papa Setelah kunaik kelas Ingin ku kembali Ke masa yang lalu Bahagianya dulu Waktu kecilku Ku dengar cerita Mama papa bilang Aku lincah lucu Waktu kecilku Aku suka bernyanyi. Lirik lagu Masa Kecilku itu memang membawa kita ke masa penuh kenangan. Masa kecil memang indah untuk dikenang. Yah, bagaimana tidak? PR dari sekolah tidak banyak. PR yang kusuka adalah PR menggambar. Satu-satunya buku bacaan anak adalah Bobo. Masih bebas main dengan teman sejak pulang sekolah sampai menjelang magrib. Mau main sendiri dengan boneka-boneka, main bola bekel, congklak pun asyik aja rasanya. Aku makin betah di rumah ketika bu De (kakak kandung ayahku) mengajariku membuat bunga dari kertas krep. Hal yang kuingat ketika menjelang sore adalah tukang bakso ya

Pengalaman yang Membawa Hikmah

Perjalanan hidup setiap orang tentunya tidak sama. Namun yang pasti, setiap orang akan ada ujiannya masing-masing yang akan membawa takdir hidupnya masing-masing. Ujian hidup itu merupakan tantangan untuk ditaklukkan dan pastinya memberi pengalaman batin dan menjadi moment pendewasaan. Seperti halnya tema ngeblog yang ditetapkan MGN untuk Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog untuk bulan September 2023 ini yang bertemakan Pengalaman Menghadapi Tantangan Hidup Terbesar. Tantangan ngeblog kali ini benar-benar tantangan bagiku. Sungguh sulit untuk memulainya. Beberapa kali telah siap menghadap layar iPad dan jemari sudah siap mengetikkan kata-kata, tapi bingung mau mulai dari mana. Dari serangkaian peristiwa yang kualami, sejenak sulit untuk memilih mana yang merupakan Tantangan Hidup Terbesar sesuai tema yang ditetapkan. Berulang kali juga merasakan sesak di dada ketika mengingat kembali masa-masa sulit itu. Namun akhirnya aku menyimpulkan satu hal yang menjadi